Mereview film yang berjudul THE KARATE KID Tahun 2010

Hi....Semuanyaa.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Kali ini saya akan membahas atau mereview film tentang THE KARATE KID 2010
  
Identitas Film

Genre                          : Drama Action
Sutradara                    : Harald Zwart
Produser                     : Jerry Weintraub,Will Smith, Jada Pinkett Smith, James Lassiter
Skenario                      : Christopher Murphey
Pemain                        : Jaden Smith, Jackie Chan, Wenwen Han, Taraji P. Henson
Musik                          : James Horner
Sinematografi              : Roger Pratt
Penyunting                 : Kevin Stermer
Studio                         : Overbrook Entertainment
Produksi                      : Columbia Pictures
Negara                         : Amerika Serikat. Templat:Film China
Bahasa                         : Inggris danMandarin
Tanggal rilis                 : 11 Juni 2010
Durasi                          : 140 menit







Pemain

·         Jaden Smith sbg Dre Parker
·         Jackie Chan sbg Mr. Han
·         Taraji P. Henson sbg Sherry Parker
·         Wenwen Han sbg Mei Ying
·         Zhenwei Wang sbg Cheng
·         Yu Rongguang sbg Master Li


Sinopsis

Film "The Karate Kid" menceritakan tentang seorang anak bernama Dre Parker (Jaden Smith) ia merupakan anak kecil yang seperti kebanyakan anak kecil lainnya.
Ia tidak mau meninggalkan teman-temannya di Amerika namun dikarenakan Ibunya harus pindah ke Beijing maka ia pun harus ikut kesana.
Ketika Dre berusaha beradaptasi dengan lingkungan di Beijing, Dre malah di hajar habis-habisan oleh berandal cilik yang memiliki kemampuan bela diri tinggi.
Namun pada suatu hari, ia bertemu dengan Mr.Han (Jackie Chan).
Mr.Han berusaha merubah sudut pandang Dre dalam menghadapi masalah ini.
Mr.Han mengajarkan ilmu bela diri untuk menghadapi ancaman para berandal cilik tersebut.
Dengan bantuan Han, Dre mulai mempelajari ilmu bela diri untuk melindungi dirinya dan mengikuti pertandingan beladiri tingkat nasional.

Review

Film yang diperani oleh Dre Parker yang berjudul The Karate Kid  adalah anak laki – laki yang berusia12 tahun yang merupakan anak satu - satunya dari seorang ibu bernama Sherry Parker yang bertempat tinggal dikota Detroit, Amerika. Pada suatu ketika Dre harus pindah ke Beijing, China karena ibunya harus pindah karena urusan pekerjaan.

Setelah berpindah negara, Dre mulai memasuki sekolah barunya di Beijing, dan disitulah kalau dirinya merasa diasingkan karena dia merasa bahwasannya hanya dialah yang mempunyai rambut kriting dan ber ras kulit hitam. Namun Dre sangat beruntung karena ia bisa kenal dekat dengan gadis yang pintar bermain alat music biola biola yang bernama Mei Ying, tetapi hal ini menimbulkan rasa iri dari Cheng, murid lain yang ahli bela diri Kung Fu. Akibatnya Dre selalu diganggu oleh Cheng dan teman – temannya.
Gangguan – gangguan dari Cheng tentu saja membuat Dre tidak betah dikota tempat ia tinggal sekarang, akan tetapi ada satu hal yang Dre suka di negara Beijing tersebut yakni Kung Fu.

Suatu hari pada saat kunjungan sekolah melakukan wisata ke tempat sejarah, Dre membalas dendam dengan menyiram Cheng dan teman – temannya dengan air kotor secara diam – diam, akan tetapi hal tersebut diketahui oleh Cheng, akibatnya Dre dikejar oleh Cheng dan teman – temannya. Dre tentu saja tidak bisa melawan karena ia sama sekali tidak mempunyai ilmu bela diri. 

Ketika semua sedang sibuk melakukan perlawan terhadap Dre, seketika Mr. Han seorang teknisi yang mempunyai ilmu bela diri Kung Fu datang menyelamatkan Dre. Mr Han berusaha menyelesaikan masalah Dre dan Cheng dengan baik – baik, Mr Han dan Dre datang ke Perguruan Kung Fu tempat Cheng berlatih untuk menemui pemimpinnya yaitu Master Li untuk diajak berdamai. Tetapi itikad baik Mr Han dan Dre itu ditolak oleh Master Li. Dre diancam akan terus diganggu oleh Cheng dan teman – teman seperguruannya kecuali Dre bersedia bertarung dengan Cheng di sebuah turnamen Kung Fu.

Maka dari itu Dre diajarkan atau dilatih bela diri Kung Fu dari Mr Han. Metode latihan yang diberikan Mr Han memang aneh. Pada awal latihan, Dre hanya disuruh untuk menggantungkan jaket yang dipakainya di gantungan berulang – ulang kali. Hal itu tentu sangat berat bagi Dre karena tidak hanya membosankan tetapi juga sangat menjengkelkan, karena Dre mempunyai kebiasaan buruk yaitu malas menggantungkan jaket di gantungan, melainkan menjatuhkannya begitu saja di lantai sehingga sering dimarahi ibunya. 

Akan tetapi gerakan menggantungkan jaket itu adalah salah satu jurus bertahan dalam Kung Fu Mr Han. Ternyata hanya dengan gerakan menggantungkan jaket, Dre bisa menahan serangan pukulan atau tendangan. Dre yang sudah mahir menguasai Teknik bertahan dalam Kung Fu dan dia hanya tinggal belajar untuk menguasai Teknik menyerang yaitu pukulan dan tendangan. Latihan berikutnya dilakukan Dre dan Mr Han di tembok besar Cina.

Dre sudah mahir Kung Fu dan siap untuk mengikuti turnamen, tetapi halangan selalu ada. Waktu tournament dimulai. Cheng dan Dre memang sama – sama hebat sehingga mereka sama – sama bisa lolos ke semifinal. Cheng bisa mengalahkan lawannya di semi-final maka ia akan bertemu Cheng di final. 

Celakanya, di semi-final lawan Dre adalah murid Master Li juga sehingga muncul cara - cara licik dan kejam. Master Li menyuruh muridnya agar membuat Dre cedera parah sehingga tidak bisa tampil di final melawan Cheng. Murid Master Li terpaksa mematuhi perintah gurunya, dia menyerang kaki Dre dengan gerakan yang sangat kencang dan melukai kaki Dre sehingga Dre harus melakukan istirahat dan terancam tidak bias maju atau lolos kebabak final, akan tetapi disini Dre tidak putus asa terhadap keadaan Dre yang sedang mengalami cedera yang cukup parah bertekad untuk mengalahkan Cheng yang membuat ia merasa takut disekolah.

Pada babak awal Dre dan Cheng ternyata sama kuatnya, mereka mengumpulkan angka yang sama. Sehingga timbul lagi akal licik Master Li, dia menyuruh Cheng menyerang pada bagian kaki cedera yang dialami Dre. Akan tetapi Dre pantang menyerah, walau hanya berdiri dengan 1 kaki, dia bisa mengalahkan Cheng dengan gerakan ular atau gerakan focus.





Konflik dalam cerita


1.Konflik ketika ia ingin belajar Kung Fu akan tetapi dia diajari hal hal yang tidak jelas. Seperti menggantung jaket, menaruh jaket kelantai dan juga memakai jaket. Ketika Dre mengatahui bahwasannya trik belajar tersebut Dre baru mengetahui bahwa KungFu adalah bagian dari kehidupan maka semua hal tentang kehidupan adalah bagian dari Kung Fu.

2.Saat Dre dilarang untuk berteman Dengan Mei Ying

3.Saat Dre berkelahi dengan Cheng dikarenakan Cheng tidak menyukai Dre berteman dengan Mei Ying.





Kelebihan        
Kelebihan Film ini adalah memotivasi kita untuk terus berusaha dan pantang menyerah, yaitu dengan rajin latihan dan berusaha. Di dalam film ini juga menyisipkan suatu nilai sosial dimana kita tidak harus melawan kekerasan dengan kekerasan melaikan membuktikan dengan prestasi yang kita dapat.

Kekurangan
Kekurangan untuk film ini, banyak sesi perkelahian yang terjadi pada film bisa dibilang terlalu kasar. Sehingga tidak cocok untuk ditayangkan kepada anak – anak.

Kesimpulan
Film ini mengajarkan bagaimana cara kita mengahadapi masalah dengan  kesabaran. Serta dapat mengajarkan kita bagaimana cara agar bisa lebih menghargai sesama, baik kepada orang yang sudah kita kenal maupun orang yang belum kita kenal.

Tulisan ini dikhususkan untuk tugas ketiga saya di mata kuliah Ilmu sosial dasar, teruntuk dosen yang telah membimbing tugas ini saya sangat berterima kasih.




Have a nice day....


wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

Komentar

Popular Posts

Tugas Ke 2 Arsitektur Komputer

Tugas Arsitektur Komputer